Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan (ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut) merupakan sebuah gunung yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Disekeliling gunung penanggungan terdapat  bukit-bukit disekitarnya yaitu, Bukit Bekel (1238 m), Gajah Mungkur (1084 m), Sarah Klopo (1235 m), dan Kemuncup (1238 m).

Letak gunung penanggungan berada di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, berjarak kurang lebih 25 km dari Surabaya. Gunung Penanggungan berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang.

Catatan tentang gunung penanggungan dari blog http://alifiasuharto.blogspot.com/

Tampak hampir tidak ada yang istimewa kalau kita melihat gunung ini seperti tampak dalam photo disamping. Tak ubahnya gunung-gunung yang lain yang ada di negeri kita Indonesia ini atau bahkan dikawasan asia tenggara. Tapi kalau kita benar-benar mengamati ada keunikan tersendiri dari gunung ini yaitu bentuknya yang hampir kerucut sempurna bagaikan nasi tumpeng.

Bila kita menempuh perjalanan dari Surabaya ke Malang maupun ke Pasuruhan, Probolinggo hingga Bali , apabila cuaca tidak berkabut bila telah sampai dkawasan Porong , anda akan langsung dapat melihat gunung ini disebelah kanan anda dan akan terus menemani anda hingga Pandaan bila anda menuju ke arah Malang dan hingga Pasuruhan apabila anda menuju ka arah Probolinggo. Dan apabila kita amati terus menerus selama perjalanan anda bentuk gunung tersebut hampir tidak akan berubah. Padahal apabila anda masih berada di Sidoarjo ataupun Porong posisi anda berada disebelah Utara dari gunung ini dan bila anda sampai di jalan raya Gempol arah ke Pandaan untuk anda yang mau ke Malang dan Gempol arah ke Pasuruhan maka posisi anda sudah berada di sebelah Timur dari gunung ini.
Dan apabila anda berada di kawasan Trawas, Mojokerto anda sudah berada di sebelah Selatan dari gunung ini (seperti yang tampak pada Photo diatas yang diambil dari Grand Trawas Hotel). Dan apabila anda berada di kota Mojokerto anda telah berada di sebelah Barat dari gunung tersebut.

Kraton Majapahit

Kajian yang dilakukan Turangga Seta mengindikasikan bahwa gunung penanggungan adalah area kraton Mojopoit/Majapahit yang ditimbun. Konfigurasi kraton Mojopoit itu  menyerupai Musium Purna Bhakti Pertiwi yang terdapat di Taman Mini Indonesia Indah(TMII). Salah satu adalah sebuah upaya dari leluhur untuk mengingatkan akan adanya bangunan berbentuk menara babelan  adalah melalui tradisi tumpengan yang masih dikenal dan dijalankan hingga saat ini.

Musium Purna Bhakti Pertiwi yang merupakan miniatur dari Menara Babelan

Ulasan secara detail tentang menara babelan dapat diakses pada lakubecik.org

Informasi tentang latar belakang Gunung Penanggungan semoga dengan menginspirasi untuk masyarakat belajar memahami wilayahnya sendiri.

Kata Kunci Dari Mesin Pencari :

gunung penanggungan,misteri gunung penanggungan,lokasi gunung penanggungan,letak gunung penanggungan,menara babelan,gunung penanggungan jawa timur,candi penanggungan,penanggungan,misteri gunung penanggungan jawa timur,gunung di daerah mojokerto,gunung penangungan,gunung pandaan,gunung penanggungan mojokerto,misteri mojokerto,lokasi puncak penangGungan,Gunung yang terletak di pandaan,lokasi penanggungan mojokerto,misteri jawa timur,gunung yang ada di pandaan,informasi gunung penanggungan,letak g penangungan,letak gunung arjuno,lokasi gunung penanggungan mojokerto,sejarah gunung penanggungan,penangguan jatim,dimana letak gunung penanggungan,cerita misteri gunung penanggungan,sejarah gunung penangungan,mitos misteri sidoarjo,pandaan itu dekat gunung apa,misteri jalan surabaya malang,misteri gunung penangungan jawatimur,misteri gunung penangungan,Sejarah gunung tumpeng mojokerto,puncak penanggungan,penunggu gunung penanggungan,misteri sidoarjo jawa timur,mitos misteri di gunung penanggungan,pegunungan di sidoarjo,penaggungan misteri,pantangan gunung penangungan,mitis gunung penanggungan,mitos bentuk gunung penanggungan seperti gajah,penanggungan jatim,penanggungan sidoarjo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.